Memperingati Hari Kemerdekaan RI – KBRI adakan Pesta Rakyat Indonesia.

Tuesday, November 17, 2015

Minggu 6 September 2015 – Taman Tasik Titiwangsa tidak terlihat seperti biasanya. Ada keramaian dan hiruk pikuk disana karena adanya Pesta Rakyat Indonesia di Malaysia yang diadakan dikawasan tasik tersebut.

Acara pesta rakyat ini di gelar oleh KBRI yang bekerja sama dengan PPIM, yang kemudian di sponsori oleh beberapa perusahaan di Malaysia salah satunya jaringan selular DIGI. Pesta Rakyat dihadiri oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia beserta jajaranya. Persatuan Pelajar Indonesia se-Malaysia (PPIM) serta masyarakat Indonesia yang tinggal di Malaysia untuk belajar maupun bekerja.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh bapak duta besar Republik Indonesia di Malaysia yaitu Bpk Herman Prayitno. Dilanjutkan dengan senam aerobik bersama sama, kemudian lomba lomba yang memang didesign seperti lomba 17an yakni tarik tambang, joged balon, balap karunh dll. Setelah aktifitas selesai peserta dipersilakan duduk dibawah tenda yang sudah dipersiapkan oleh panitia untuk menyaksikan acara Pesta Rakyat Indonesia.


image

Acara berlangsung meriah sejumlah artis dari Indonesia turut menghibur. Salah satunya adalah Papinka Band, Dadali, Meggi Diaz dan Hesty Aryatura. Sedangkan ada juga band dari Persatuan Pelajar Indonesia se-Malaysia yaitu”Low band” dan “Ricky and Friends” dari KBRI.
Papinka dan Dadali band yang mengusung lagu pop salah satu lagunya yang cukup terkenal adalah “Disaat aku mencintaimu…”. Sedangkan Meggi diaz dan Hesty adalah penyanyi dangdung elektro yang rancak dan semangat menambah kemeriahkan acara Pesta Rakyat itu sendiri. Tak ketinggalan band dari dalam yaitu Low band dan Ricky and Friends yang tidak kalah menghibur.


image

image

Dalam acara tersebut panitia juga menyiapka  berbagai macam door price dan hadiah untuk penonton. Ada juga pemberian hadiah kepada pemenang lomba dan pemenang booth terbaik.
Selain itu, KBRI bekerja sama dengan PPIM untuk mengerahkan seluruh mahasiswa di Malaysia juga komunitas komunitas Indonesia untuk ikut terjun dalam acara ini. Acara pesta rakyat yang lebih dikenal dikalangan mahasiwa dengan nama Indonesian Culture Expo ini mendapat sambutan baik oleh masyarakat luas.
PPIM dan KBRI menggerakan seluruh mahasiwa di Malaysia melalui PPI cabang maksutnya Persatuan Pelajar Indonesia dari Universitas masing masing.
image
image
Hasilnya adalah perform tarian traditional lagu lagu daerah ikut ditampilkan di acara tersebut. Setiap PPI cabang menampilkan booth dengan beraneka produk yang ditawarkan. Ada Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa Minang Malaysia yang menampilkan pangeran dan putri cantik dari padang. Dari PPI-UTKL menjakakan makanan khas Jawa yaitu sego tiwul dan es cendol uniknya penjual mengenakan baju batik lurik dan jarik. Ikatan kekeluargaan mahasiswa minang malaysia (IKMM-Malaysia)
image
image
Dari komunitas ada lagi booth yang tak kalah keren yaitu booth “Si Pitung”, “Edukasi Untuk Bangsa”, “Komunitas Photografer Indonesia di-Malaysia” “Pakaian adat batik” makanan khas dan banyak lainya.

Secara keseluruhan acara berlangsung meriah, menghibur dan bermanfaat. Karena dengan adanya hiburan band maupun dangdut masyarakat Indonesia di Malaysia jadi terhibur, dan kerinduan terhadap kampung halaman sedikit terobati. Dan dengan adanya thema budaya masyarakat Indonesia di Malaysia lebih mencintai dan menghargai budaya sendiri seperti kuda kepang, kebaya, pakaian adat dll.

Semoga acara kedepanya lebih meriah lagi, lebih seru lagi dan Kesatuan Negara Republik Indonesia tetap terjaga. Jayalah selalu Indonesia !!
Credit photo by Butet Herjayus.
Terimakasih

You Might Also Like

0 komentar

Communities

Blogger Perempuan