English Literature, Here We Go “JOB Opportunity” For You !

Tuesday, November 17, 2015

1. Jurnalis
Jurnalistik membuka kesempatan kerja bagi para mahasiswa lulusan Sastra. Pastinya seorang lulusan jurusan Sastra akan menguasai tata bahasa dengan baik dan sensitivitas berbahasa yang tinggi dong. Kemampuan-kemampuan ini memudahkan mereka untuk bekerja di industri media. Station TV baru garapan bang Whisnutama udah nunggu tuh #kode.
Selain posisi sebagai wartawan atau editor, mahasiswa Sastra umumnya juga memiliki kemampuan bahasa verbal yang baik. Jadi, mereka punya potensi untuk melaksanakan tugas sebagai reporter (peliput) atau pembawa berita, baik TV maupun radio.

2. Penerjemahan
Nah, yang satu ini ibarat ‘ladang’ bagi para Sarjana Sastra Inggris. Lulusan Sastra Inggris punya kesempatan untuk menggeluti dunia penerjemahan, baik tulis (penerjemah) maupun lisan (interpreter). Penerjemah juga bisa kamu lakukan dari rumah so bisa nerima kerjaan freelance.

3. Pendidikan Guru/Dosen/Tutor
Profesi sebagai pengajar (guru) bahasa biasanya juga diburu lulusan Sastra. Satu catatan: saat ini, instansi-instansi pendidikan negeri hanya membuka lowongan bagi Sarjana Pendidikan Bahasa, sedangkan lowongan untuk Sarjana Sastra biasanya terbuka di instansi swasta. Sementara itu, Sarjana Sastra yang berminat menjadi dosen wajib menyelesaikan pendidikan setidaknya pada jenjang master (S2) untuk bisa mengajar di Perguruan Tinggi.
Jadi sepertinya kamu harus bertekad yang kuat untuk cari  alternative lain ngajar les privat atau mendirikan bimbingan belajar bisamenjadi solusi.

4. Kementrian Luar Negeri
Kementerian Luar Negeri (Kemlu) bukan hanya monopoli lulusan Hubungan Internasional. Lulusan Sastra juga punya kesempatan bekerja disini. Pengetahuan dan pemahaman mereka soal bahasa dan budaya asing adalah gacoan mereka untuk menjadi calon diplomat yang terampil.
Kesempatan untuk menjadi perwakilan Indonesia, tinggal di luar negeri, dan mendapatkan status Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang sangat menggiurkan. Tidak hanya Kemlu — setiap Kementerian biasanya menyediakan formasi untuk pelamar dari jurusan Sastra. Syaratnya, kamu harus bisa lolos bersaing dengan puluhan ribu CPNS lainnya, dan rajin cari informasi mengenai kesempatan kerja yang terkait.

5. Pariwisata, Pramugari dan Perhotelan
Kemampuan berbahasa memungkinkan lulusan Sastra menggeluti bidang pariwisata dan perhotelan. Memang, tiga pekerjaan di bidang jasa ini membutuhkan skill interaksi yang baik dengan para turis, baik lokal maupun mancanegera. Seorang sarjana Sastra Inggris bisa bekerja sebagai pemandu di sebuah agen pariwisata.

6. Pengusaha
Emangnya Sarjana Sastra jadi wiraswastawan?
Bisa, dong!
Untuk jadi entrepreneur atau wiraswastawan, seseorang nggak harus mengambil jurusan Ekonomi atau Bisnis dulu. Mulai dari membuat agen pariwisata, melayani jasa penerjemah, hingga membuka les privat, semuanya bisa dikerjakan Sarjana Sastra yang memang punya dasar pengetahuan di bidang ini. Mulai saat ini, jangan lagi percaya kalau ada yang bilang Sarjana Sastra itu “cuma” boleh jadi penyair!

7. Penulis atau Sastrawan
Nah, ini adalah profesi yang bisa dibilang ‘nyastra’ banget. Pekerjaan-pekerjaan inilah yang oleh publik dianggap paling sesuai untuk lulusan Sastra. Di bidang ini, kamu bisa jadi penyair, cerpenis, prosais, novelis, hingga kritikus atau esais.
Contoh penulis dan sastrawan yang sukses dibidangnya Andrea Hirata, Dewi Lestari, atau Ayu Utami, misalnya. Profesi yang terbilang anti-mainstream ini bisa jadi sumber penghasilan utamamu.

8. Bisnis di Intalansi Formal

Siapa bilang Sarjana Sastra tidak bisa bekerja di dunia bisnis? Bisa kok. Terbukti bahwa Sarjana Sastra Asing juga punya peluang di perusahaan-perusahaan multinasional. Kesempatan menjadi manager HRD (Human Resources Department), humas, hingga pegawai bank pun terbuka buat para lulusan jurusan Sastra.
PS
Buat kamu yang mau daftar jurusan sastra inggris jangan ragu untuk segera daftar. Buat kamu yang masih bergelut di semester pertengahan tetep semangat ! Buat yang udah mau lulus, segera tentukan dan persiapkan diri MAU jadi apa setelah lulus nanti :) Semangat kaka !
Referensi Bacaan :
https://www.tumblr.com/search/sastra%20inggris
jurusankuliah.tumblr.com/post/118197067299/define-sastra-inggris
http://www.hipwee.com/sukses/buat-para-sarjana-sastra-jangan-galau-memilih-jalan-karirmu-ya/

You Might Also Like

1 komentar

  1. Sangat termotivasi setelah membaca tulisan ini. Keraguan saya tentang jadi sastra inggris bisa jadi apa mulai memudar. Terimkasih😊

    ReplyDelete

Communities

Blogger Perempuan