Konser Musik Nusantara : Satukan Indonesia dan Malaysia

Tuesday, November 17, 2015

Jum’at 13 Maret 2015, Malaysia gelar acara konser musik bertajuk “Musika Nusantara – Senadi Dalam Seni”. Acara tersebut diselenggarakan di Istana Budaya Malaysia daerah Titiwangsa. Kementrian Pelancongan & Kebudayaan Malaysia bekerjasama dengan Yayasan Ikatan Rakyat Malaysia Indonesia (YIRMI) untuk mengadakan acara yang istimewa ini.

Tamu undangan sudah memadati ruang tunggu, tak sabar untuk menyaksikan pagelaran musik bergengsi tersebut. Pasalnya acara ini akan menampilkan puluhan Tarian dari Malaysia maupun Indonesia. Puisi bertemakan Nusantara serta lagu lagu daerah lengkap dengan baju adat mereka.

Sejumlah artis ikut memeriahkan konser musik ini antara lain Siti Nurhaliza, Dwen, Rafli Kande, artis dari Indonesia Krisdayanti dan Tegar yang booming dengan lagunnya “aku yang dulu”. Jam 8 malam acara dimulai. Tamu undangan memasuki sanggar seni dengan tertib. Selama acara berlangsung tidak dibenarkan mengambil foto ataupun vidio. (ada petugas yang jaga)
Terlihat pembesar dari kedua negara memasuki tempat VIP, ada Anies Bawean Mentri Pendidikan Indonesia, bapak Herman Prayitno Duta Besar Republik Indonesia-Kuala Lumpur, dan Pembesar Malaysia Datuk Raiz serta Menteri pelancongan dan kebudayaan Malaysia.

Acara berlangsung meriah, penonton sangat antusias terhadap tarian dan nyanyian tradisional mereka.
Tarian selamat datang menyambut tamu dengan gempaknya. Tarian menghadap rebab, Dondang Sayang, tari sarawak dengan apik dimainkan oleh pemuda pemudi Malaysia. Dari Indonesia pula menampilkan Tarian Lagu dolanan, Tari Saman, Tari Piring, Tari bengkulu, Tari Tabot, Tari Tor Tor dari mandailing dan masih banyak lagi.

Tegar si kecil dengan suara khasnya menyanyikan lagu Sewu Kutho yang berasal dari jawa- Indonesia. Krisdayanti bersuara merdu menyanyikan lagu Es Lilin dari jawa barat. Siti Nurhaliza melantunkan lagu Papawlea dari Pahang- malaysia. Acara ditutup dengan lagu Rasa sayang yang dinyanyikan oleh seluruh pengisi acara.

Dengan adanya acara ini diharapkan hubungan anatara Indoensia dan malaysia akan tetap terjaga. Mempererat keintiman anatara kedua negara. Dan diharapkan silaturahmi akan terjalin dengan baik karena sesungguhnya kita adalah negara serumpun.

Oleh
Emawati Puspita Ningrum :)
Artikel ini dimuat di website “Pusat Sumber Daya Buruh Migran”

You Might Also Like

0 komentar

Communities

Blogger Perempuan