Universitas Terbuka - Malaysia. Kuala Lumpur.

Thursday, January 08, 2015


Hi... Namaku Ema, Emawati Puspita Ningrum itu nama kesayangan dari eyang kakung aku Satam Mangundihardjo. Ga penting banget ye...?  hehe... dari keseluruhan nama panggilanku, aku paling seneng kalau dipanggil mba emm. Ga tau deh Seneng ajja gitu.

Well... bukan bermaksut spam. Aku nulis blog dengan judul 

Universitas Terbuka - Malaysia * Universitas Terbuka Kuala Lumpur * Open Univesity Indonesia - Malaysia * Universitas Terbuka Indonesia - Kuala Lumpur

bertujuan untuk memudahkan teman teman khususnya para pencari informasi dimesin ajaib ini tentang kuliah di UT KL.

Pasalnya pengalaman aku nih, dulu sebelum jadi mahasiswa UT-KL aku browsing di internet dengan key word Universitas Terbuka Indonesia di Malaysia ga ketemu, dan dulu sempet putus asa karena ngak dapet info apa apa dari paman google. Padahal aku udah nyoba puluhan key word yang ga jauh jauh tentang Universitas Terbuka yang ada di Malaysia. Segala jurus udah aku coba... Cuman jurus seribu banyangan aja yang belum.

Pas aku mau nyoba jurus itu, beruntungnya aku kenal sama teman yang udah kuliah di UT-KL. Jadilah aku mahasiswi paling bawel di kampus UT-KL. Hahahaha... saking bawel aku diajakin gabung di Persatuan Pelajar Indonesia - Universitas Terbuka Kuala Lumpur jadi seksi Humas.

Yah... itu karena akunya doyan omong dan suka berbagi informasi sih. Intinya aku bisa dimanfaatkan untuk tanya tanya seputar UT - KL deh buat teman teman yang mau join kesini.

Belakangan, setelah 2 tahun aku kuliah di UT - KL aku sadar apa kesalahan aku dua tahun yang lalu tatkala nyari info UT di Malaysia tapi kok ga ketemu. Ternyata nama dari Universitas Terbuka di Malaysia adalah Universitas Terbuka Kuala Lumpur coba deh elu elu pada browsing pake keyword itu... Whooooa Informasi yang kalian dapat pasti bejibun banyaknya.

Oke Check it out…!!
Ini informasi yang pengen aku bagi sama kalian semua. Aku Shared dari salah satu senior UT yang udah jadi dedengkot Mahfudz Tejani namanya. 

***
Universitas Terbuka adalah sebuah sebuah perguruan tinggi  negeri yang telah mempunyai cabang (pokjar) di Malaysia, yaitu di pokjar Kuala Lumpur, pokjar Johor Baharu dan pokjar Pulau Pinang. Universitas Terbuka adalah identik dengan sistem pendidikan jarak jauh dan pendidikan terbuka. Pendidikan terbuka dalam hal ini adalah bermaksud bahwa setiap orang dapat dan mampu menjadi mahasiswa UT tanpa ada pembatasan. Baik batasan tahun kelulusan ijazah (sederajat SLTA),  batasan usia maupun batasan tempat tinggal. Sedangkan pendidikan jarak jauh adalah  adanya jarak tertentu antara yang belajar dan yang mengajar. Namun jarak tersebut dijembatani dengan media yang khusus di kembangkan dalam proses belajar mengajar. Seperti melalui Internet, surat menyurat, faksimili,radio, televisi dan via telefon. Bahkan tidak menutup kemungkinan dengan perkembangan teknologi terkini, proses belajar mengajar tersebut dapat dilakukan via Video Conference. Dalam artian sederhana sistem pendidikan di Universitas Terbuka adalah tidak terikat waktu , jarak dan tempat. Sisitem pendidikannya adalah efektif dan fleksibel karena tidak di pengaruhi oleh keterbatasan jarak dan waktu dan sangat sesuai untuk para pekerja yang ingin kuliah dan mengejar gelar sarjana. Kelebihan Kuliah Di Universitas Terbuka Apabila kita mempunyai keterbatasan waktu dan sering di pengaruhi faktor jarak dalam kehidupan sehari-hari. Tetapi mempunyai keinginan yang kuat untuk belajar dan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, pastinya memilih Universitas terbuka adalah pilihan yang tepat. Apalagi kita sebagai warga pekerja yang ingin memanfaatkan waktu terluang sambil kuliah. Kelebihan- kelebihan itu adalah diantaranya :
  • Universitas Terbuka adalah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) , berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984
  • Tanpa Tes Masuk
  • Tanpa pembatasan asal sekolah dan tahun kelulusan/ ijazah
  • Tanpa batas waktu registrasi
  • Tanpa terikat waktu dan tempat belajar
  • Memperoleh keragaman dalam sistem belajar dengan menggunakan berbagai media
  •  Memperoleh kemudahan dalam dalam pemilikan buku materi pokok yang dikemas dalam bentuk modul.
  •  Memperoleh kemudahan dalam dalam pemilikan buku materi pokok yang dikemas dalam bentuk modul.
  • Dapat memilih tempat ujian baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Untuk UT Pokjar Kuala Lumpur  fasilitas tempat ujian di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIK).
Program Studi Yang  Ditawarkan Universitas Terbuka KL Untuk semester Juli-Desember 2013, program studi yang ditawarkan pada semester kali ini UT Pokjar Kuala Lumpur menawarkan 10 program studi (S1) dari berbagai fakultas . Program studi yang di tawarkan untuk semester Juli-Desember 2013 adalah sebagai berikut : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)
  1. Jurusan Ilmu Administrasi : Program Studi Ilmu Administrasi Negara (S1) Program Studi Ilmu Administrasi Niaga (S1)
  2. Jurusan Ilmu Komunikasi : Program studi Ilmu Komunikasi (S1)
  3. Jurusan Ilmu Sosiologi Program Studi ilmu Sosiologi (S1)
  4. Jurusan Ilmu Pemerintahan Program Studi Ilmu Pemerintahan (S1)
  5. Jurusan Bahasa dan Sastra Program Studi Bahasa Inggris  Bidang minat Penerjemahan (S1)
  6. Jurusan Hukum (S1), fakultas baru 2013.2
Fakultas Ekonomi (FEKON)
  1. Jurusan Ekonomi Pembangunan Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1)
  2. Jurusan Manajemen Program Studi Manajemen (S1) Program Studi Akuntansi (S1)
Fakultas Matematika dan Ilmu Penegetahuan Alam (FMIPA)
  1. Jurusan Matematika Program Studi Matematika (S1)
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan  (FKIP)
  1. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan  Sosial Program Studi  Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1)
  2. Program Studi Pendidikan Ekonomi (S1)
  3. (Masih dalam negoisasi untuk jurusan pendidikan lainnya)
Syarat Pendaftaran Dan Biayanya Calon mahasiswa harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :
  1. Mengisi blanko pendaftaran yang telah di sediakan.
  2. Melampirkan fotokopi ijazah SMA/SMK/Aliyah/Paket C terakhir atau yang sederajat yang sudah di legalisir 1lembar ( Legalisasi bisa dapat dilakukan di KBRI Kuala Lumpur)
  3. Fotokopi Pasport
  4. Pas foto 2X3 sebanyak 4 lembar (background bebas)
  5. Pendaftaran di buka mulai sekarang sampai Akhir bulan Agustus 2013
Sedangkan biaya perkuliahan (dalam mata uang Rupiah)itu adalah sekitar       Rp 1.500.000 meliputi  :
  • Jas Almamater
  • Tutorial Tatap Muka (TTM) dua mata kuliah
  • 21 SKS @ Rp 41.000 per SKS
  • Uang Administrasi Bank
  • SPP untuk semester pertama
  • Uang Kas
Pendaftaran bisa dilakukan di : Loket 26 bagian Pendidikan dan visa pelajar Kedutaan Besar Republik Indonesia(KBRI) Kuala Lumpur No. 233 Jln. Tun Razak 50400 Kuala Lumpur 03-21164123 atau bisa menghubungi Pengurus Universitas Terbuka Kuala Lumpur Bapak Taufiq Hasyim Salengke (012-370 2354) Dan untuk info selngkapnya tentang Universitas Terbuka lawati websitenya di: http://www.ppi-utkl.org/


Ini laman postingan aslinya  http://www.ppi-utkl.org/406/universitas-terbuka-kuala-lumpur-menerima-mahasiswa-baru

Apel Pagi Sebelum Ujian

Jajaran Penggurus UT - Dosen - Penggawas Ujian

Persatuan Pelajar Indonesia - Universitas Terbuka Kuala Lumpur

Suasana Ujian

Diskusi dan Belajar Bersama

Bimbingan Belajar On line

Bapak Penggurus UT KL - Budi Siswanto

Anggoota PPI UT KL

Sekian dan terimakasih. ^^
Mau info lebih detail
Fb Ema Puspita
IG emawati.pn
Email emmawati3103@gmail.com

With love
Emma

You Might Also Like

7 komentar

  1. Teh ema
    Aku TKI malaysia juga
    Boleh tanya2 gak tentang UT KL ini
    Aku mau donk kuliah disitu juga
    Tolong yah teh
    Ini kontak aku 01136971291

    ReplyDelete
  2. Teh ema
    Aku TKI malaysia juga
    Boleh tanya2 gak tentang UT KL ini
    Aku mau donk kuliah disitu juga
    Tolong yah teh
    Ini kontak aku 01136971291

    ReplyDelete
  3. Awalnya saya ragu untuk megikuti pesugihan Eyang Kanjeng Merpati atau bisa dibilang uang goib tapi saya pikir tidak ada salahnya untuk mencoba dan setelah saya menghubungi Eyang Kanjeng Merpati saya minta bantuan uang goib 900,jt sama beliau.
    dan saya benar-benar sudah membuktikan demi allah bahwa Eyang Kanjeng Merpati bisa merubah kehidupan saya dalam sekejap awalnya saya sangat miskin makanpun susah ,alhamdulillah dengan bantuan beliau saya bisa merubah kehidupan saya jauh lebih baik daripada sebelumnya
    beliau membantu saya uang goib sebesar 900 juta .saya sangat berterimah kasih kepada Eyang Kanjeng Merpati atas bantuan beliau dan saya menyapaikan kepada saudarah-saudarah
    yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi ( 082_395_111_297 ) ATAU LIHAT SAJA WEB SELENGKAPNYA KLIK DISINI TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA Eyang Kanjeng Merpati saya sudah membuktikannya sendiri.

    ReplyDelete
  4. assalamualikum.. mbak.
    mau tanya nieh.. adik saya ada kuliah disana
    jurusan bahasa english gitu..
    tp kok blm wisuda2 ya?
    apa mmg harus nunggu teman2nya yg belum siap kuliah ya?
    saya tanya adik saya dia udah habis kuliah...
    nama adik saya
    SALMA HAYATI HASIBUAN
    ATAU SAYA MINTA NO YG BISA DIHUBINGI UNTUK TANAY2 YA MBAK..

    ReplyDelete
  5. assalamualaikum wr.wb,
    saya ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada AKI JOYO WIJOYO atas bantuan AKI.
    kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan AKI JOYO WIJOYO pula yang telah memberikan
    angka ritual kepada saya yaitu 4 angka dan alhamdulillah langsung tembus. sekali lagi makasih ya AKI karna
    waktu itu saya cuma bermodalkan uang 400 ribu dan akhirnya saya menang. Berkat angka GAIB hasil ritual AKI JOYO WIJOYO
    saya sudah bisa buka usaha yaitu BENKEL MOTOR/MOBIL dan TOKO SEMBAKO kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari
    sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan HUB/SMS AKI JOYO WIJOYO di nomor hpnya: 082 322 214 909
    ramalan AKI memang memiliki ramalan GAIB” yang dijamin 100% tembus atau silahkan anda buktikan sendiri...!!!

    KARNA RASA HATI YANG GEMBIRA MAKANYA NAMA BELIAU SAYA CANTUMKAN DI INTERNET

    ReplyDelete
  6. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

    ReplyDelete
  7. duluh aq salah satu penggusaha besar kelapa sawit di malesya ,tp karnh bhykya sainggan maka usaha kami pung macet dan hampir bangkrut,tp aq tdk prnh putus asa untk menggembalikn kembali usaha saya ,hingga akhirya aq menemukan solusi terbaik untuk mencari dukung pesugihang di internet ,,pd akhirya aq menemukan salah satu kolom pesan yg berisi nm dukung kangjeng djoeg0 pasareang beserta nmr hp dn alamatya,aq pum tertarik dan langgsung menghubunggi beliau dn meminta bantua kepadaya,,hr demi hr berlaluh sampai usaha saya kembali berjalan seperthy duluh lg,sampai2 pengghasilan saya pum jauh lebh besar dr yg sebelumnya,termh ksh kangjeng atas sgalah bantuang pesungihangya kepada saya,,jika anda pengeng merasakang usaha anda jauh lbh maju hbng kangjeng djoeg0 pasarean di nmr ini 085377797151 jagan biarkn hutang megejar anda makan tdk enak tidur tak nyenyak bilah hutang usaha menumpuk,mari kt semua bebaskan dr kt dari hutang dng cara mendapatkan pesugihang dr kangjeng djoeg0 pasarean terimah kasih

    ReplyDelete

Communities

Blogger Perempuan