Wisata Islami, Mesjid Besar Putra Jaya

Saturday, July 18, 2015


Bercerita tentang Malaysia pastilah tak lepas dari Islam, karena Malaysia terkenal dengan Negara yang mayoritas warganya Muslim tidak jauh berbeda seperti Indonesia bukan. Kebijakan pemerintah Malaysia yang menjadikan Islam sebagai agama resmi negara, menjadikan ciri ciri dan simbol simbol Islam begitu kental di negeri tetangga yang satu ini. Salah satu iconic building yang Malaysia miliki adalah Mesjid Besar Putra Jaya. Masjid megah ini berada di pusat pemerintahan federal Malaysia di Putrajaya. 


Masjid megah ini merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh pemerintah federal Malaysia bagi kota pusat pemerintahan baru Malaysia di Putrajya, dan tentu saja menjadi salah satu ikon dari sederetan gedung gedung indah di Putrajaya. Nama Masjid Putra diambil dari nama Mantan Perdana Menteri Malaysia pertama, Almarhum Tunku Abdul Rahman Putra Al Haj, merupakan salah satu bentuk penghormatan rakyat dan pemerintah Malaysia kepada beliau.


Beruntung sekali saya dan teman teman berkesempatan mengunjungi tempat yang dibilang istimewa ini. Perjalanan yang kami tempuh lumayan jauh, kami tinggal dikawasan Selangor jadi untuk menuju kawasan persekutuan putra jaya membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam. Perjalanan dimulai dari KL-Sentral, pusat dari semua transportasi baik itu Train, LRT, monorail maupun Bus. Dari KL-sentral kami memilih transportasi Train KLIA Express dan turun di station Putra Jaya. Setelah sampai sana kami lanjutkan dengan Bus Nadi Putra untuk masuk kedalam kawasan Mesjid. 


Setibanya disana kami takjub dengan kemegahan dan keindahanya. Masjid dengan warna pink yang megah, kubah yang indah dan terapung diatas danau. Wajar saja kalau Putrajaya begitu difavoritkan untuk dikunjungi. Beberapa tempat yang banyak disambangi oleh kalangan wisatawan yang berada di Putrajaya ini ialah Jembatan Putrajaya (Putrajaya Bridge), Danau Putrajaya, Masjid Putrajaya, Istana Putra dan lainnya. 


Sebelum menikmati pemandangan sekitar kami memutuskan untuk sholat Dhuhur terlaih dahulu. Penjaga dan pengawas masjid ini amat ramah walaupun jumlahnya terbilang banyak kurang lebih 30 orang. Masuk saja kita ke dalam kawasan Masjid, kita diwajibkan memakai kain labuh (Rok lebar atau Jubah) tidak dibolehkan memakai baju yang tidak menutup aurat ataupun celana. Petugas menyiapkan jubah siap pakai jika terlanjur memakai kostum yang salah ketika menyambangi Mesjid ini. 


Ruangan masjid ini sangat luas, arsitekturnya megah dan menarik. Biasanya dapat menampung lebih dari 8000 jemaah laki laki dan 2000 jemaah wanita. Keduanya ditempatkan terpisah lelaki dilantai G dan wanita dilantai 1, walaupun ada beberpa tingkat namun Masjid ini ada liftnya jadi tak perlu risau. 


Selain Mesjid Putra dengan segala keistimewanya ada beberapa hal yang manarik lagi untuk dieksplorasi yaitu Danau Putra. Danau Putrajaya ini merupakan sebuah cekungan yang berfungsi untuk menampung air sebanyak-banyaknya untuk menciptakan efek dingin bagi udara kota. Danau ini termasuk danau buatan manusia bukan alami. Walapun begitu petugas menyediakan kapal untuk bersiarsiar mengelilingi masjid dan jembatan Putra. 


Untuk berkeliling di sekitaran Danau Putrajaya ini Anda bisa menyewa dua jenis perahu yang disesusaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Pilihan pertama Anda bisa menggunakan perahu model gondola yang diberinama Dondang Sayang yang didalamnya dapat mengangkut penumpang/ wisatawan sampai 6 orang sekali jalannya. Biayanya sekitar RM20 per orang. Dengan naik perahu tersebut Anda akan dibawa berkeliling ke seluruh areal danau yang sangat luas serta yang menarik melewati bangunan-bangunan megah tinggi yang dikenal sebagai landmarknya Putrajaya. 


Kemudian pilihan berikutnya, Kapal Belimbing Sightseeing Cruise Boat yang tentu saja ukurannya jauh lebih besar. Kapal cukup mewah ini mampu mengangkut sampai 76 orang wisatawan didalamnya, Orang dewasa dibanderol dengan RM30. Dengan kapal besar ini Anda akan diajak berkeliling menyusuri seluruh areal danau dengan melewati Kompleks Pemerintahan Putrajaya. Begitu juag wisatawan akan diajak untuk melewati jembatan dan Putrajaya International Convention Centre (PICC).




Oleh : Emawati Puspita Ningrum
Artikel ini dimuat dalam website “Pusat Sumber Daya Buruh Migran”

You Might Also Like

5 komentar

  1. Artkel yang Islami, enak ya bisa jalan-jalan. Slam kenal ya Emawati

    ReplyDelete
  2. subhanallah megah bangeut ya Mesjid Besar Putra Jaya,jadi pengen berkunjung kesitu

    ReplyDelete
  3. Salam kenal juga Sengon Solomon :). Terimakasih kunjunganya.
    Silahkan tinggalin alamat blog nya nanti saya kunjungi balik ^^

    ReplyDelete
  4. Udah kesana tp belum pernah nyoba gondola, gara gara mbak Ema nih saya harus kesana lagi 😅

    ReplyDelete

Communities

Blogger Perempuan