Keberangkatan TKI !

Wednesday, May 20, 2015

Kuala Lumpur International Airport, abis ngerasain jet lag beberapa puluh menit yang lalu, langsung dilanda kepanikan dimana koper dan barang barang disimpan. Pasalnya setahu ku pas dibandara Adi Sucipto tadi bagasi ditaruh pesawat, giliran sampe Malaysia barangnya lenyap entah dimana, Dan (you know what) jalan menuju pintu keluar tu belok belok kayak ular tangga. Untung masih pinter Bahasa Inggris bisa baca sign board dikit dikit. Ini to yang dibilang Malaysia (sambil manggut manggut) Negara yang dulu pernah aku perdebatan di ajang “Indonesian Youth Forum 2009” di Jakarta bersama 150 pelajar pilihan lainya.
 
Ternyata bukan cuman aku yang jadi manusia paling blo’on waktu itu. Enam belas lain yang sekarang resmi jadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) juga melakukan hal yang sama. Muter muterlah kami nyariin koper dan tas tas besar, kami lihat orang orang lain (ada bule ganteng juga) pada ngambil koper mereka di konveyor yang muter itu. Kami ikutan… eh ladala security datang Tanya pakai bahasa melayu kental, aku yang nggak paham hanya melonggo terus bilang
“Excuse me, we want to find our travel bag…“
“Oh… travel bag a…”
Iyes iyes… nari hula hula.
Securitynya paham bahasaku yang belum pernah ngobrol serius sama orang asing kecuali waktu liburan ke Bali 2 tahun lalu bersama sekolah ( Haiyah ini Out Of Topic ini…). Setelah mendapatkan koper dan barang berharga kami ( Berharga? Iya karena hanya tekad, keberanian dan sekoper inilah bekal kami merantau ke luar negri), gliran kami menunggu jemputan.
Sejam dua jam sampai tiga jam kami menunggu jemputan dari pihak Western Digital, perusahaan yang dijanjikan Agency di Semarang akan mempekerjakan aku dan 15 orang lainya tak kunjung datang.
“Nanti sampai sana kalian ikuti procedure keluar bandara, setelah itu tunggu Cik Hasnun dari WD jemput kalian. Jangan mau ikut siapa siapa yang tidak dikenal ya. Ema nanti temen temen nya diarah in ya ? “
Aku…? Ngarahin…? Halllo mas… saya juga pertama kali lo ke Luar Negri. !! Oke stay cool dan tetep berfikir positif. Beberapa jam kemudian si kawan panggil saja namanya Yeni, Nanggis bombai kenceng banget nangisnya. Aku panik..!!
“Mba Emma, gimana ni kok kita ga dijemput jemput. Aku takut… jangan jangan kita ditipu kayak di Tivi – Tivi itu. Jangan jangan kita bakalan di jual ke arab atau dijadikan PSK di Malaysia” Katanya dengan deraian air mata kepadaku.
“Udah jangan nangis… Everything is gonna be all right. (Kata ku sok bijak, padahal aku juga dirundung keraguan yang sama). “ Kayaknya kita salah nunggu deh, bandara ini kan gede banget. Ada banyak pintu keluar. Aku Tanya security dulu ya kalian disini dulu jangan kemana mana” Kataku waktu itu.
Berjalan aku menyusuri lorong lorong yang memang belum aku datangi sebelumnya, sendirian mencari information center. Dalam benakku, bagaimana kalo dugaan si Yeni benar. Kami ditipu oleh agen yang tidak bertanggung jawab, lalu dijual, atau bahkan dipekerjaan jadi pembantu rumah tangga atau PSK. Ya Alloh… jangan sampai.
Dari kejauhan aku baca sign board immigration center dan gambar gambar bendera Negara ASEAN yang dulu aku pelajari pas SMP. Ada bendera Indonesia, Singapura, India, Laos dan lain lain. Disana tampak juga ada orang Indonesia, dan wajah wajah orang Chinese atau orang Myanmar, akh… aku tidak pasti. Meraka duduk dilantai, ada ratusan orang disitu. Nah… ini dia pikirku, aku berbalik arah mengundang temen temen ku seperjuangan tadi.
“Woi… benar kita salah nunggu, ayo ikut aku. Aku udah tau tempatnya”
Mereka bergegas mengikutiku, bergabunglah kami dengan mereka. Namun aku tidak langsung ngikut orang orang asing duduk disitu.
Aku pergi ke Information center, terus aku bilang kalo kami 16 orang dari Indonesia kami disini mau kerja di perusahaan elektronik Western Digital. Petugasnya langsung faham, dengan bahasa inggris dia menyuruhku memanggil 15 orang lainya. Baris rapi kayak pas upacara haha… terus dikasih selembar absen gitu. Suruh nulis nama dan no paspor, kemudian petugas yang ber Ras India itu ngecekin paspor kami satu satu, terus kami semua disuruh cap jari (Biomatrix, karena dulu masih blo’on jadi ngak tau namanya).
Setelah semua selesai, petugas bandara nyuruh kami nunggu cik Hasnun yang njemput kami tadi, nah… sedikit lega juga karena kami beranggapan sudah menemukan jalan yang benar.
“Untung ya mba kita tau, kalau tidak aku tadi udah mau balik ke Semarang lagi, aku masih bawa duit 1 juta kok. Nanti aku beli tiket terus balik lagi deh, ga usah jadi TKI di Malaysia”.
Yang lain ikut tertawa karena Yeni ini memang paling polos dan ngikut aja orangnya. Bahaya kalo ditinggal sendirian bisa bisa dibawa bule dijadikan peliharaan. Moook atut.. !
“Hush… kalian ga boleh gitu, tujuan kita kesini kan kerja. Toh PT.SOFIA juga ga minta kita bayar apa apa untuk keberangkatan kita. Masak iya kita ditipu”
“Justru yang gratis itu yang mencurigakan mba…” kata Kutut ikut ikutan. Iya juga sih…
Tiba tiba “PLAAAKKKK….” Ada seorang lelaki warga Philipina (aku baca dari kertas di barisan mereka)ditampari sama petugas bandara Malaysia berkali kali. Awalnya aku tidak tau kenapa. Petugas itu nyerocos pakai Bhasa Inggris, dia bilang gini
“Ini tempat dilarang merokok, kenapa kamu tetap menyalakan rokokmu. Kamu melanggar aturan”
“Ya ya saya salah…” kata si perokok yang mukanya merah padam.
Aku sekedar tau saja, tak berani mendekat. Teman teman yang lain juga tak kalah takut, ternyata di Malaysia ngeri ya.
Tak lama kemudian Cik Hasnun dari WD datang, dia bilang kalau bingung cari kami. Tadi dia udah kesini dan kami ngak ada. “Nyasar pak.. ” mau aku jawab gitu tapi ndak berani. Akhirnya kami ikuti dia, dan dibawalah kami keluar dari bandara.
Sekitar 3 jam perjalanan, aku melihat lampu lampu kota metropolitan begitu megah, gedung gedung besar yang dulu Cuma aku lihat di televisi, papan papan tulisan berbahsa Inggris yang aku pelajari dibangku SD. Welcome Malaysia. !!
Dalam perjalanan aku berfikir, andaikan aku tadi tidak bersabar dan patah balik ke Indonesia.
Apa jadinya ?
Mungkin saat ini, aku masih dirumah sewa di Cepu bersama Ayah Ibu dan adik lelakiku. Memeluk bantal merahku yang usang. Meratapi nasib kenapa tak kunjung berubah, atau mati perlahan karena tekanan hutang dari sana sini orang tuaku.
Option yang lebih baik yaitu meneruskan kegiatanku ngajar les Bahasa Inggris, Matematika untuk SD dan SMP yang sudah aku jalani dari jaman SMA kelas 2. Ya… Alhamdulillah aku tidak pernah merasakan benar benar jadi pengganguran, dari ngajar les duitnya kau pakai untuk transort dari Cepu – Semarang. Ngurusi berkas keberangkatan, sampai akhirnya aku divonis kena tumor payudara. Berkas dan dokumen penting sudah masuk di PT. Sofia, memaksaku bayar 5juta rupiah jika aku mundur (jumlah yang besar, karena waktu itu gajiku ngajar les cuma 800ribu.  Dapat uang darimana coba)
Keputusan berat aku ambil, pulang aku ke Cepu. Menjalani pengobatan yang harus operasi, nungu setahun sampai aku sembuh total. Ngak terhitung lagi berapa uang yang keluar untukku.
Dari semua kesakitanku, tidak ada yang labih sakit kecuali melihat ayah dan ibu setia menjagaku di Rumah sakit. Mereka berbincang lirih, tentang betapa risaunya tentang diriku. Ayahku menangis… ya nangis. Matanya berkaca-kaca aku tau apa yang ia pikirkan. Beliau bingung dapat dana darimana. Hutang !!. Apalagi kalau bukan itu. Bukannya berkurang, malah tambah dalam.
Petengahan Maret 2010, aku sembuh total walau kadang dada dan bekas operasiku berdenyut. Aku memaksa dan aku memang tidak boleh manja. Tidak boleh. !

Aku balik ke PT. Sofia melanjutkan proses keberengkatan ke malaysia yang sempat tertunda.
Kini, hutang sudah tidak ada. Beban yang ditanggung ayah setidaknya berkurang.  Tujuan utamaku berhasil. Ternyata keadaan memaksaku dewasa sebelum waktunya, 18 tahun waktu itu aku memberanikan diri keluar dari mimpi buruk. Mimpi yang aku harap tidak pernah kembali.
Tuhan tidak pernah menguji umatnya melebihi batas kemampuanya. Labrak saja rasa malu jadi TKI, terobos saja pandangan negatif mereka, ubah hidupmu lewati ini semua dengan iman pada yang Esa. Karena Tidak akan ada pelangi sebelum datangnya hujan. Percayalah !

Value of this story : 
1. Keberanian adalah penentu untuk keluar dari zona aman. Percayalah pengalaman lebih menggoda dari sekedar tumpukan harapan. Merantaulah..!
2. Ketika di Bandara, untuk calon TKI nih. Jangan takut untuk bertanya. Ingat aja pepatah lama yang memang cukup menohok “Malu bertanya sesat dijalan” memang !
3. Pelajari bahasa inggris minimal Basic conversations. Yeah … You know tidak semua orang mengerti bahasamu. Dan kalau merasa sudah bisa bahasa inggris, jangan pula takut untuk Tanya pakai bahasa itu.
4. Baca sign Board betul betul, jangan kesasar atau salah tunggu kayak aku dan teman teman.
5. Infromation Center adalah solusi segala pertanyaan yang ada di kepalamu. Ketika tidak tau kemana arah dan Tujuan.
6. Jangan langsung percaya sama orang asing, ketika dia udah ngak ngobrol 5 – 10 udah percaya aja. Jangan kayak gitu, kebalkan iman. Dunia ini kejam.
7. Jangan mau dititipi barang sama orang lain, apalagi ga dikenal bisa jadi isinya bahan peledak, heroin, narkoba atau barang yang diharamkan di Negara tujuan. Ngak lucukan kalo niat kerja dan cari duit malah meringkuk dipenjara dan ngak tau salahya apa.

The sixteen pioner !. Walaupun kecil kami tidak pernah berjalan mundur.

Ternyata foto keberangkatan TKI dulu masih ada.

Ini dia barang berharga kami, yang nyari ya Alloh Huakbar ^^

Ini dia yang nangis bombai minta patah balik ke Indonesia :D


Ditulis oleh Emawati Puspita Ningrum, yang merasa beruntung karena 4 tahun lalu. Memiliki keberanian lebih untuk keluar dari mimpi buruk.

You Might Also Like

13 komentar

  1. Kisah perjalanan kamu menjadi seorang TKI ternyata mengharukan. Kalo di bikin film pasti banyak yang nangis :-D

    Apapun itu, saya memberi Jempol untuk keberanian kamu keluar Negeri demi memperbaiki ekonomi keluarga. Semangiiit. :)

    Oh iya saya juga setuju, kalo di dititipin barang dari orang yang gak kita kenal jangan mau. Banyak kasus seperti ini.

    Tapi kalo dititipin duit satu milyar terima aja, betul gak mba Em? Haaa.....haaaa

    Salam Sukses


    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyya mas :) Terimakasih mau mampir ke blod saya. ^^

      Delete
    2. sujud sukur berkat bantuan aki pramadi,,,dan berkat imformasi dari member-member aki pramadi,,,yang telah meyampaikan bahwa jika anda ingin mengubah nasib melalui angka togel ghoib hubungi AKI PRAMADI,,,dan TADI malam saya sudah buktikan berkat bantuan AKI PRAMADI,,,yang telah memberikan angka togel ghoib SGP 4D (9998) tadi malam 17-12-2015 akhirnya saya menang 500 juta,,,dan insyaallah saya bisa lunasi semua hutang-hutang saya yang lagi di BANK,,,sekali lagi saya ucapkan banyak-banyak terimah kasih kepada AKI PRAMADI,,,dan member-member.nya yang telah mengimformasikan keberhasilanya,,,dan saya turut mengimformasikan,,,jika anda merasa punya beban (hutang)yang sudah lama belum bisa terlunasi,,,dan ingin mengubah nasib lebih layak dibandingkan nasib yang sekarang seperti saya,,,dan member-member yang lain silahkan hubungi AKI PRAMADI DI nomor,,,082~349~535~132,,BELIAU BISA MEMBANTU DI PUTARAN APAPUN,ATAU ANDA BUTUH PESUGIHAN SILAHKAN HUB AKI PRAMADI DEMIKIAN KISAH NYATA DARI SAYA

      Delete
    3. saya mengucapkan banyak terima kasih kepada aki sUkrO yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama aki sUkrO dan dengan senang hati aki sUkrO mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi aki sUkrO semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi aki sUkrO DI =0823 2289 8427= ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama aki sUkrO

      apakah anda termasuk yang teecantung di bawah ini.?
      1. Di Lilit Hutang
      2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
      3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
      4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasiikan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…!!!
      Anda sudah berada Di blog yang sangat tepat anda bisa rubah nasib disini dengan angka riutal 2D=3D=4D
      Kami akan membantu anda semua dengan Angka 2D 3D atau 4D hAsil Ritual Kami
      Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja 300rb Dengan
      cara kirim pulsa 300 ribu di no:0823 2289 8427
      kami hanya membantu anda semua dengan Angka ritual Kami..Kami dengan bantuan Supranatural Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat Mengagumkan…Bisa Menerawang Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
      Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual aki sUkrO 2D,3D,4D di jamin Tembus 100% terimakasih..

      Delete
  2. saya mengucapkan banyak terima kasih kepada aki sUkrO yang telah menolong saya dalam kesulitan,ini tidak pernah terfikirkan dari benak saya kalau nomor yang saya pasang bisa tembus dan ALHAMDULILLAH kini saya sekeluarga sudah bisa melunasi semua hutang2 kami,sebenarnya saya bukan penggemar togel tapi apa boleh buat kondisi yang tidak memunkinkan dan akhirnya saya minta tolong sama aki sUkrO dan dengan senang hati aki sUkrO mau membantu saya..,ALHAMDULIL LAH nomor yang dikasi aki sUkrO semuanya bener2 terbukti tembus dan baru kali ini saya menemukan dukun yang jujur,jangan anda takut untuk menhubungiya jika anda ingin mendapatkan nomor yang betul2 tembus seperti saya,silahkan hubungi aki sUkrO DI =0823 2289 8427= ingat kesempat tidak akan datang untuk yang kedua kalinya dan perlu anda ketahui kalau banyak dukun yang tercantum dalam internet,itu jangan dipercaya kalau bukan nama aki sUkrO

    apakah anda termasuk yang teecantung di bawah ini.?
    1. Di Lilit Hutang
    2. Selalu kalah Dalam Bermain Togel
    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi Togel
    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasiikan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa…!!!
    Anda sudah berada Di blog yang sangat tepat anda bisa rubah nasib disini dengan angka riutal 2D=3D=4D
    Kami akan membantu anda semua dengan Angka 2D 3D atau 4D hAsil Ritual Kami
    Anda Cukup Mengganti Biaya Ritual Angka Nya Saja 300rb Dengan
    cara kirim pulsa 300 ribu di no:0823 2289 8427
    kami hanya membantu anda semua dengan Angka ritual Kami..Kami dengan bantuan Supranatural Bisa menghasilkan Angka Ritual Yang Sangat Mengagumkan…Bisa Menerawang Angka Yang Bakal Keluar Untuk Toto Singapore Maupun Hongkong…Kami bekerja tiada henti Untuk Bisa menembus Angka yang bakal Keluar..dengan Jaminan 100% gol / Tembus…!!!! Tapi Ingat Kami Hanya Memberikan Angka Ritual Kami Hanya Kepada Anda Yang Benar-benar dengan sangat Membutuhkan Angka Ritual Kami .. Kunci Kami Anda Harus OPTIMIS Angka Bakal Tembus…Hanya dengan Sebuah Optimis Anda bisa Menang…!!!
    Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual aki sUkrO 2D,3D,4D di jamin Tembus 100% terimakasih..

    ReplyDelete
  3. Awalnya saya ragu untuk megikuti pesugihan Eyang Kanjeng Merpati atau bisa dibilang uang goib tapi saya pikir tidak ada salahnya untuk mencoba dan setelah saya menghubungi Eyang Kanjeng Merpati saya minta bantuan uang goib 900,jt sama beliau.
    dan saya benar-benar sudah membuktikan demi allah bahwa Eyang Kanjeng Merpati bisa merubah kehidupan saya dalam sekejap awalnya saya sangat miskin makanpun susah ,alhamdulillah dengan bantuan beliau saya bisa merubah kehidupan saya jauh lebih baik daripada sebelumnya
    beliau membantu saya uang goib sebesar 900 juta .saya sangat berterimah kasih kepada Eyang Kanjeng Merpati atas bantuan beliau dan saya menyapaikan kepada saudarah-saudarah
    yang ingin merubah nasib seperti saya hubungi ( 082_395_111_297 ) ATAU LIHAT SAJA WEB SELENGKAPNYA KLIK DISINI TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA Eyang Kanjeng Merpati saya sudah membuktikannya sendiri.

    ReplyDelete
  4. SAYA SEKELUARGA INGIN MENGUCAPKAN BANYAK TERIMAH KASIH KEPADA AKI NAWE BERKAT BANTUANNNYA SEMUA HUTANG HUTANG SAYA SUDAH PADA LUNAS SEMUA BAHKAN SEKARAN SAYA SUDAH BISA BUKA TOKO SENDIRI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN AKI YG TELAH MEMBERIKAN ANKA JITUNYA KEPADA SAYA DAN ALHAMDULILLAH ITU BENER2 TERBUKTI TEMBUS..BAGI ANDA YG INGIN SEPERTI SAYA DAN YANG SANGAT MEMERLUKAN ANGKA RITUAL 2D 3D 4D YANG DIJAMIN 100% TEMBUS SILAHKAN HUBUNGI AKI NAWE DI 085-218-379-259

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas tulisannya .. semoga senang mengunjungi malaysia....
    salam dari entrepreneur muda



    Tangki Fiberglass
    Jual Septic Tank
    Jual Tangki Kimia
    Jual Talang Fiber
    Jual Rotameter
    Tangki Panel

    ReplyDelete
  6. Salam kenal Saya Syafitri TKI DI MALAYSIA
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa sebab,saya harus bekerja di negri orang (Arab Saudi) karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 257 juta untuk uang indo namun saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama
    KI BARONG di Nomor telfon 0852 8895 8775 di jamin bantuan beliau 100% …
    Atau,>>KLIK DISINI UNTUK INFO BANTUAN KI BARONG<<
    BANTUAN DARI KI BARONG
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANJAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan hubungi KI BARONG di nomor 0852 8895 8775 Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi….

    ReplyDelete
  7. Assalamu alaikum wr.wb..saya IBU RAHMA TKI MALAYSIA
    saya mengucapkan terima kasih banyak kepada MBAH SANGKIL
    sudah 7 tahun saya di MALAYSIA pengen pulang ke indonesia
    tapi gak ada uang apalagi hutang masih banyak
    secara kebetulan saya buka internet melihat nomor
    MBAH SANGKIL katanya seorang paranormal yang bisa bantu masalah kita
    dengan penuh harapan saya coba-coba hubungi
    saya minta angka bocoran dan beliau bantu kasi 4D TOTO
    angka yang di berikan MBAH SANGKIL betul-betul tembus 100%
    atas bantuan MBAH SANGKIL hutang-hutang saya semua pada lunas
    bagi saudara-saudara perlu bantuan
    terutama yang punya hutang sudah lama belum terlunasi
    jangan putus asah ingin merubah nasib seperti saya
    HUBUNGI MBAH SANGKIL DI MOMOR HP: (=085=210=493=757=) semoga ALLAH SWT...senang tiasa memberi MBAH SANGKIL kesehatan dan umur panjang...amin amin yarabbal alamin..



















    Assalamu alaikum wr.wb..saya IBU RAHMA TKI MALAYSIA
    saya mengucapkan terima kasih banyak kepada MBAH SANGKIL
    sudah 7 tahun saya di MALAYSIA pengen pulang ke indonesia
    tapi gak ada uang apalagi hutang masih banyak
    secara kebetulan saya buka internet melihat nomor
    MBAH SANGKIL katanya seorang paranormal yang bisa bantu masalah kita
    dengan penuh harapan saya coba-coba hubungi
    saya minta angka bocoran dan beliau bantu kasi 4D TOTO
    angka yang di berikan MBAH SANGKIL betul-betul tembus 100%
    atas bantuan MBAH SANGKIL hutang-hutang saya semua pada lunas
    bagi saudara-saudara perlu bantuan
    terutama yang punya hutang sudah lama belum terlunasi
    jangan putus asah ingin merubah nasib seperti saya
    HUBUNGI MBAH SANGKIL DI MOMOR HP: (=085=210=493=757=) semoga ALLAH SWT...senang tiasa memberi MBAH SANGKIL kesehatan dan umur panjan...amin-amin yarabbal alamin..

    ReplyDelete
  8. saya Sukiman seorang TKI DI MALAYSIA
    pengen pulang ke indonesia tapi gak ada ongkos
    sempat saya putus asa apalagi dengan keadaan susah
    gaji istri saya itupun buat makan sehari2. sedangkan hutang banyak
    kebetulan istri saya buka-buka internet Dan mendapatkan
    nomor MBAH KASSENG (0853-4288-2547) katanya bisa bantu orang melunasi hutang
    melalui jalan TOGEL dan dengan keadaan susah, terpaksa saya
    hubungi dan minta angka bocoran TOTO DAN MAGNUM
    angka yang di berikan waktu itu 4D yang nombor 1
    ternyata betul-betul tembus 100% alhamdulillah dapat 269.jt Oleh Karna itu saya posting no HP MBAH KASSENG ini supaya saudarah-saudara ku di indonesia maupun di luar negri yang sangat kesulitan masalah ekonomi (kesusahan) jangan anda putus asa. Karna jalan masih panjang yang penting anda tdk malu atau takut menghubungi MBAH KASSENG. Semua akan berubah Karna kesuksesan ada pada diri kita sendiri. Yakin dan percaya bahwa itu semua akan tercapai berkat bantuan dari mbah AMIN.
    MBAH KASSENG
    NO: 0853-4288-2547 / +6285-342-882-547

    ReplyDelete
  9. ASSALAMU ALAIKUM WR,WB.
    PERKENALKAN NAMA SAYA MBAK DEWI DULUNYA SAYA LAGI BINGUN BANGET KARNA SAYA LAGI MENGALAMI COBAAN HIDUP YANG TAK KUNJUNG USAI,SAYA HAMPIR SAJA BERBUAT NEKAT,PERBUATAN YANG SANGAT DIBENCI OLEH ALLAH YAITU BUNUH DIRI,SEMUA ITU AKIBAT BATIN SAYA YANG SANGAT TERTEKAN,PADAHAL SAYA MASIH MEMPUNYAI ANAK YANG MASIH KECIL2 YANG SEHARUSNYA DAPAT KASIH SAYANG ORANG TUA SEUTUHNYA,NAMUN KARNA KONDISI YANG SERBA KEKURANGAN MEMBUAT ANAK SEPERTI KURANG TER URUS,DALAM KALUTNYA SAYA COBA BUKA2 INTERNET DAN DISITULAH SAYA MELIHAT KOMENTAR PARA PEMENANG YANG SAAT INI SUDAH BERHASIL, NOMOR EYANG JOYO KARTOYO..MAAF SAYA CURHAT DENGAN ANDA,ORANG YANG BELUM SAYA KENAL SAMA SAYA,SEPERTI KOMENTAR2 PADA ANDA LEWAT INTERNET, DAN DISITULAH SAYA MENCOBA MENGHUBUNGI EYANG JOYO KARTOYO DAN KEMUDIAN SAYA MEMINTA REJEKI KEPADA BELIAU, DAN ALHAMDULILLAH KINI KEHIDUPAN SAYA SUDAH JAUH LEBIH BAIK DARI SEBELUMNYA ITU SEMUA BERKAT BANTUAN EYANG JOYO KARTOYO MEMBERIKAN ANGKA RITUAL KEPADA SAYA, DAN BAGI ANDA YANG INGIN SEPERTI SAYA SILAHKAN HUBUNGI EYANG JOYO KARTOYO DI NOMOR 085-211-977-346 NOMOR RITUAL EYANG JOYO KARTOYO MEMANG TIDAK DUANYA DIJAMIN 100% TEMBUS

    ReplyDelete
  10. .
    saya tidak tau harus berbuat apa
    untuk membalas kebaikan Mbah Suro
    karna tampah bantuan Mbah
    yang meberikan 4d yaitu 4966
    saya tidak tau nasib keluarga
    saya seperti apa dan syukur
    alhamdulillah semua hutang
    orang tua beserta hutang2
    saya semua pada lunas yang
    ingin merubah nasib seperti saya
    HUB:082354640471 Mbah Suro

    ReplyDelete

Communities

Blogger Perempuan