Meet & Greet Bersama Dosen Universitas Terbuka

Wednesday, December 02, 2015

Hello all my fellas, ini adalah rekapan question dan answer pertemuan saya dengan Bu Era dosen Universitas Terbuka - Jakarta pada hari selasa 1 Desember lalu di Plenary Hall - KLCC Convention Center, Malaysia. 

Perlu diketahui Bu Era adalah dosen UT jurusan sastra inggris ( Pegang translation  3 dan translation 9 di Tutorial On line UT ) , beliau dan delegasi dari UT pusat Jakarta datang ke Malaysia dalam rangka konfrensi  Persatuan Universitas Terbuka se-Asia atau Asia Association of Open University yang di helat selama 3 hari di KLCC Convention Center. 

Pada pertemuan dengan Bu Era kali ini selain meet and greet saya juga memberikan pertanyaan pertanyaan seputar kuliah di UT. Berikut ulasannya ...

1. Tuton (Tutorial On line) itu penting ngak sih bu ? Apakah tuton berkonstribusi terhadap nilai ujian ? Ada beberapa temen saya yang pernah curhat kalau nilai tuton tidak ngefek sama nilai ujian. 

Tuton ya jelas penting dong. Dosen kan telah memberikan gambaran materi dan soal melalui Tuton, jika kamu dan teman teman lainya serius mengikuti tuton. Soal ujian tidak yang sesulit kalian bayangkan.
Tuton berkonstribusi sebanyak 30% 

2. Bagaimana jika ada beberapa mata kuliah yang sudah kita ambil, kita ikuti tuton nya dan juga udah ujian tp nilai tidak keluar ? 

Complain dengan dosen nya dong mba. Kan ada fasilitas email, maksut saya dosen yang bersangkutan kan ada email nya.
Misalnya gini. 

Saya ambil 6 mata kuliah dalam 1 semester, salah satunya English For Translation dosen pengajarnya di tuton adalah pak Yudi Efendi.
Udah mengikuti tuton dengan pak Yudi, udah ikut ujian udah selesai semua. Giliran nilai keluar yang keluar hanya 5 mata kuliah saja, yang satu makul English for Translation tadi ngak ada. Gitu ya mba ??? 

Kalau seperti ini segera kirim email dengan dosen yang bersangkutan. Pak Yudi misalnya, kirim email pemberitahuan kepada pak Yudi bahwa nilai tidak keluar.
Perlu di garis bawahi, pengiriman email harus dengan format yg benar nama, nim, makul, kode makul harus ditulis dengan jelas. Agar mudah bagi UT Pusat untuk menangani. Jangan asal asalan nanti susah untuk kamu dan untuk pengurus yang setle kan. 

Kurang lebih formatnya seperti ini. 

Subject : Nilai ujian tidak keluar
Body :
Assalamualaikum salam sejahtera
Saya Emawati dari jurusan sastra inggris yang telah mengikuti tuton, TTM dan ujian semester mata kuliah yang anda bimbing namun nilai ujian tidak ada ketika saya cek di official website UT.
Tolong segera di tindak lanjuti.
Berikut data lengkap saya
Nama : Emawati Puspita Ningrum
NIM : 017416xxx
Jurusan : Sastra Inggris Minat Bidang Penerjemah
UPBJJ : Batam
UT Pok-Jar : Kuala Lumpur
Kode Makul yang tidak keluar nilai nya : English for Translation 
Kode Makul : BING44316
Periode ujian : 2015.2 

3. Bagaimana jika pindah jurusan ? Misalkan saya semester 1 ambil mangement tapi di semester  2 ingin pindah ke sastra inggris. 

Itu juga harus melalukan pemberitahuan kepada UT Pusat, atau lapor kepada UPBJJ yang bertanggung jawab agar di forward ke UT Pusat.
Ingat ya pengiriman email mengenai data diri harus lengkap, memudahkan untuk proses pemindahan kedepan nya. 

4. Bisakah pindah kuliah dari UT ke Univ regular seperti UNES ataupun UNILA?  

Bisa. Koordinasi saja dengan Univ Regular yang ingin dituju. Orang banyak juga temen temen yang kuliah di Univ regular pindah ke UT karena biaya di Univ Regular cukup mahal. 

5. Bagaimana caranya pindah UPBJJ ? Misalnya saya dari UPBJJ Batam ingin pindah ke UPBJJ Semarang. 

Pindah UPBJJ sama saja dengan merubah data pribadi mahasiswa, jadi haru mengisi Form Ubah Data Pribadi (DP) 

1. Isi Form Ubah Data Pribadi, bisa di download dari website ini Form Ubah Data Pribadi
2. Kirimkan From tersebut ke  BAPM (Biro Administrasi Pusat Mahasiwa) emailnya : bapm@ut.ac.id atau bisa email ke PIC nya mawar.ut.ac.id
3. Menunggu feed back dari BAPM
4. Datang ke UPBJJ baru dan menunjukan email balasan dari BAPM tersebut kemudian secara otomatis pindah UPBJJ  


6. Bagaimana dengan karya ilmiah ? Apakah setiap jurusan diwajibkan membuat karil ? 

Ya, karya ilmiah harus segera diambil pada semester pertengahan. Jangan diambil disemster semster akhir, karena nanti kalo karil ditolak kalian kan harus ngulang dan sayang 1 semester hanya untuk ngulang karil saja.  

Tolong ambil perhatian lebih pada panduan karil di tuton, itu akan sangat membantu. Kadang temen temen itu suka males ya baca tuton padahal info disitu sangat penting. 

Bentuknya seperti skripsi ada daftar isi, pembukaan, isi dll... dan lagi  kalau anak sastra biasanya mengartikan artikel yg blm pernah diterjemahkan orang lain kemudian dalam penerjemahan tersebut diuraikan, penggunaan teknik-teknik penerjemahan yang digunakan. Ehm... pokoknya ikuti tuton dan baca panduan deh. In Shaa Alloh mudah. 

7. Bagaimana dengan persyaratan pengajuan
TAP (Tugas Akhir Program) ? 

● Mengambil mata kuliah pendukung TAP
● Telah lulus sejumlah mata kuliah minimal n-19 sks. Jadi kalau jumlah sks yang seharusnya ditempuh 150sks. Minimalnya 131sks.
● Index Prestasi Komulatif (IPK) min 2

8. Apakah Sistem Ujian On line bisa diaplikasikan ? 

Bisa tapi juga harus melalui UPBJJ atau Pok Jar dan ada pengawasnya dikasih waktu juga.
Misalnya pada hari H ujian kamu tidak bisa hadir karena alasan tertentu. Kamu bisa mengajukan SUO kepada Pok-Jar atau tempat ujian yang biasa kamu tempati. Kemudian UT Pusat akan mengirimkan soal lewat email, dan kamu mengerjakan dengan didampingi pengawas. 

9. Bagaimana dengan sistem numpang ujian? 

Itu juga bisa, bahkan sudah banyak yang menerapkan. Caranya ya tinggal lapor saja ke UT Pok-Jar atau UPBJJ untuk pengajuan numpang ujian.

10. Untuk Lokasi wisuda, bolehkah kita memilih untuk wisuda di kota masing masing ? 

Bisa jika ingin wisuda di kota masing masing, tapi jika nilai IPK diatas 3 bisa wisuda di UT pusat Jakarta biasanya akan dapat undangan dan quota wisuda untuk UT layanan luar negri msh dibuka.
Jadi buat temen temen UT Malaysia UT Taiwan UT Hongkong atapun UT luar negri manapun dapat mengajukan untuk wisuda di UT Pusat Jakarta. 

11. Jika kita sudah pindah UPBJJ bisakah menikmati layanan yg ada di upbjj baru. Seperti TTM, pertanyaan seputar UT dll ?

Ya iya. Kan sudah pindah UPBJJ. 

12. Kenapa Latihan Mandiri On line (LMO) terkadang soal soalnya tidak di up date bahkan beberapa mata kuliah tidak ada LMO nya ? 

Nah ini masalahnya, bagi dosen yang pegang tuton seperti kami. Kadang tidak sempat untuk menyentuh LMO karena kami juga harus menyiapkan materi inisiasi, mengoreksi soal latihan dll...
Jika masih ada LMO yang tidak di up date. Jadi tolong beritahu dosen bersangkutan lewat email. 

Sepertinya itu saja bu Era, ada ngak pesan pesan yang ingin disampaikan ke temen temen UT. 

1. Segera ambil karya ilmiah di semester pertengahan. Jangan ambil di semster akhir untuk antisipasi penolakan karil sehingga ngulang nya tidak 1 semster untuk ngulang 1 makul saja.

2. Rajinlah baca panduan dan info layanan karil di Tuton.

3. Satu yang paling penting jangan sampai putus kuliahnya, ingat yang terlihat sulit sebenarnya mudah jika kita mau berusaha. Berusaha mencari informasi dan mendapatkan solusi.

Bu Era (Dosen UT) & Mba Emawati

You Might Also Like

3 komentar

  1. Sudah baca mb Ema
    Lengkap sekali ulasannya.

    Kedatangan beliau sangat bermanfaat ya mb. Memberikan informasi baru dan lengkap

    Baca lagi ah biar tambah jelas

    TFS mb Ema

    ReplyDelete
  2. Sudah baca mb Ema
    Lengkap sekali ulasannya.

    Kedatangan beliau sangat bermanfaat ya mb. Memberikan informasi baru dan lengkap

    Baca lagi ah biar tambah jelas

    TFS mb Ema

    ReplyDelete
  3. Iyya Mba Seneng. ^^ Terimakasih suda mau menunggu. Tulisan ditunggu itu rasanya sesuatu ^^

    ReplyDelete

Communities

Blogger Perempuan