Pengalaman Wisuda di UT Pusat Jakarta

Tuesday, March 06, 2018

Hallo..
Aku mbak emm, Emawati Puspita Ningrum. Alumni UT Kuala Lumpur Malaysia, yang pindah UPBJJ ke Semarang karena masih semester 6 udah pulang ke Indonesia. 

Tulisan ini engga akan berbelit belit, singkat aja. Sesuai judulnya, aku akan share pengalaman wisuda di UT Pusat Jakarta. (April, 2017)

1. Kok bisa sih dapat undangan wisuda di Jakarta. Gimana caranya...? 

A. UT pokjar Luar Negeri

Untuk UT luar negeri setau saya ada quota khusus. Karena pas wisuda di Jakarta dulu ada rombongan dari UT pokjar Singapore sebanyak 9 orang dan Juga ada yg dari Korea.
Biasanya yg diundang adalah mereka yang IPK nya bagus. 

B. UT pokjar / UPBJJ dalam Negeri Indonesia

Untuk yang sudah tinggal di Indonesia, dan pengin banget wisuda di Jakarta. Caranya mengajukan diri ke pokjar / UPBJJ setempat. 

Pengalaman mba emm dulu, mba emm datang ke UPBJJ semarang. Mengisi formulir pengajuan diri untuk wisuda di Jakarta. Mengumpulkan foto ijazah dan dokumen lain yg dibutuhkan. (Lupa aku apa aja... Haha). Nah setelah mendaftar diri. Baru deh, dapat pengumuman undangan wisuda di Jakarta.

Kawasan UT Pusat Jakarta



2. Berangkatnya ke Jakarta gimana...? Transportasi, Akomodasi dan pengurusan Administrasi disana nanti bagaimana...?

Disana nanti bakalan buwanyak banget yg diwisuda, dari seluruh penjuru Indonesia. Jadi setiap pokjar/UPBJJ lah yang biasanya  mengkoordinir. Kalau mau ngurus sendiri bisa sih, tapi pasti bakalan riweh. Mending minta bantuan pokjar atau UPBJJ.

Pengalaman mba emm nih, dari Semarang ke Jakarta rombongan UPBJJ Semarang ada 3 bis.
Dari transportasi pulang pergi, tempat nginap (hotel) dan makan selama perjalanan di koordinir oleh UPBJJ Semarang. Biayanya all in 1,3 juta rupiah. Orang tua boleh ikut, tapi ya bayar akomodasi juga kalau orang tua nih 1 juta rupiah saja.

Di UT Pusat konon katanya ada wisma gratis untuk penginapan, tapi ngak tau masih digunakan atau engga. Denger denger sih terbatas jadi cepet penuh. 

Untuk Administrasinya, disana nanti kamu akan didata per jurusan. Hal ini digunakan untuk ukuran dan warna Toga (baju wisuda). FYI tiap jurusan warna baju nya beda beda. Sastra Ingris warna kuning...
Kayak gini nih...

Baju Wisuda dan Toga (Sastra Inggris Kuning)



Nah ini semua yg koordinir adalah UPBJJ nya. Waktu dihotel, pas malam malam kita semua dibagi in. Jadi bisa dicoba coba dl dikamar. Hahaha... Ga sabar nunggu wisuda. 

3. Disana UT Pusat Jakarta ngapain aja...?? 

Disana nanti membutuhkan waktu 2 hari. 

Hari Pertama.
Seminar pendidikan dan sharing tetang perkuliaan di UT.
Setelah itu gladi resik wisuda. 

Latihan baris berbaris, per jurusan. Akutansi sama akutansi, manajemen sama manajemen gitu.. Jadi kalau soulmate kamu beda jurusan kudu rela berjauhan dulu. Hehe.. 
Nah karena kamu bakalan dibariskan sama satu jurusan, besar kemungkinan kamu akan bertemu sama teman teman yang satu tutorial on line sama kamu. Bayangin aja biasanya berbalas komen di Tuton eh ini ketemu beneran, seru lo...!!

Gladi resik ini semua udah ada yang ngarahin. Pokoknya tinggal ngikut aja... Beres...!  

Hari Kedua. 

WISUDA...!
Nah ini nih, saran aku yang cewek nih kan suka dandan comel comel. Bangun nya jangan telat telat jam 3 gitu udah mulai dandan lah. Karena jam 5 pagi bis sudah meninggalkan hotel menuju ke lokasi gedung Wisuda. Disana ada juga jasa MUA yang datang ke hotel khusus untuk dandanin kamu. Hehe.. Cari dan bayar sendiri kalau yang ini. 

Dulu temen mb emm yang sama sama dari Semarang rombongan manggil MUA, jatohnya lebih murah. 7 orang kena 2 juta rupiah kalau engga salah. Tapi karena akunya udah sering pakai gincu tebel tebel jadi dandan sendiri ajah.

Jangan lupa pakaian sopan rapi ya, biasanya kalau cewek pakai kebaya. Ngak boleh pakai sendal jepit, saran mbak emm pakai sepatu yang nyaman jangan pakai high heels lima belas centi. Pingsan nanti kamu soalnya baris nya lama...

Jam 6 teeet sudah baris baris di halaman gedung wisuda lengkap pakai toga.
Kalau elu telat, menanggung malu deh masuk kebarisan dan diliatin ratusan orang hehehe...

Setelah baris, prosesi wisuda dimulai.
Nanti bakalan dikash satu goodie bag isinya ijazah, transkrip nilai, dan dokumen lainya.
Masuk deh kegedung untuk di wisuda. 

NB : Selama wisuda ngak boleh bawa hp dompet dll. Jangan takut ga bisa mengabadikan moment, fotografer disana canggih canggih. Semua dpt foto satu satu pas salaman sama rektor. Daaan foto itu dikash ke kita kalau acara udah selesai. Gratis..!! Ga pake bayar.

Orang tua boleh ikut tapi di tribun lantai 2. Lihat dari atas gitu. Kaga ikut ke barisan.
Misal ortu ngak bisa ikut dan ingin hemat ongkos, lebih baik wisuda aja sendiri nanti sampe rumah beli deh tu baju kembaran sekeluarga foto bareng deh distudio photo. Hasilnya lebih bagus. Yuhuuu....
Foto Wisuda di Studio Foto


Foto Wisuda bersama Keluarga

Foto di Lokasi Halaman Wisuda Jakarta. Panas ngak ada Propertynya
Nanti Kalo Sampe Di UT Pusat. Jangan sampe kelewat buat foto disini ya.



Oke segitu dulu sharing nya. Semoga bermanfaat. Selamat ya buat temen temen yang mau Wisuda ke Jakarta.
Yang belum Wisuda tetap semangat. Ayo labrak segala keterbatasan wujudkan TKI berpendidikan. 
 
Kalimantan, Maret 2018


You Might Also Like

0 komentar

Communities

Blogger Perempuan