TKI Menulis, Dibalik Layar Buku Karya Pahlawan Devisa !

Monday, March 09, 2015

Berawal dari organisasi kampus bernama Persatuan Pelajar Indonesia - Universitas Terbuka (PPI-UT Kuala Lumpur) yang beranggotakan 20 orang. Pada tanggal 23 November 2014 organisasi ini mengadakan seminar kepenulisan dengan penulis yang tidak diragukan lagi eksistensinya yaitu Bunda Pipit Senja yang akrab dipanggil Manini. Beliau adalah seorang novelis, blogger, writer content di kompasiana dan sekaligus Motivator.

Bunda Pipit Senja memang selalu menyebarkan virus menulis disemua kalangan apalagi dikalangan Tenaga Kerja Indonesia, alasanya simple beliau ingin agar TKI dapat menaikan taraf hidupnya bahwa TKI tidak melulu tentang tindak kekerasan dan ketidakadilan. Setelah sukses melahirkan penulis penulis dari TKI Hongkong (launching buku Surat berdarah untuk presiden RI) kini giliran TKI malaysia.

Sebenarnya seminar kepenulisan ini adalah event yang tidak diduga sebelumnya, pasalnya Bunda Pipit akan mengadakan acara seminar disalah satu universitas di Kedah. Ternyata acara tersebut dicancel, kemudian Bunda Pipit menginformasikan kepada salah satu anggota PPI UT-KL yang memang sudah kenal dekat dengan Bunda Pipit yaitu mba Dewi Dean (sahabat saya sendiri yang sering saya panggil Jeung... Atatata).

Isi dari pesan bunda Pipit kurang lebih seperti ini
"Nak, manini tanggal 23 ke Malaysia ada acara seminar di kedah tapi acara itu dicancel. Bagaimana kalau buat acara di kampus mu. Kan sayang kalau tiketnya ngak dipakai. Sudah terlanjur dibeli e ?"

Segeralah Mba Dewie Dean menghadap ketua PPI UT-KL dan pasukan yang lain untuk rembukan acara seminar kepenulisan yang tergolong "dadakan" ini. Yes... !! Ketua menyetujui acara ini.
Thema acara sudah ditentukan yaitu Seminar bersama Pipit Senja “Berzakat Dengan Tulisan dan Dahsyatnya Goresan Pena” yang  digelar di Restoran Es Teler 77, Central Market, Kuala Lumpur pada hari Minggu, 23 November 2014. This is the STORY begin.... !!!

HPIM0492
Bunda Pipiet saat Seminar Kepenulisan di Es Teller 77
Konsep acara sudah ditentukan, sponsor juga sudah ada yaitu Mandiri Sejahtera Cargo (pengiriman barang MLY-INA) dan Kartu As Malaysia  peserta seminar juga sudah memenuhi ruangan.
Peserta berasal dari beberapa golongan mulai dari Mahasiswa dr Universitas terbuka Kuala Lumpur, Fotografer, Komunitas komunitas Indonesia yang ada malaysia bahkan kumpulan ibu ibu yang doyan nulis juga ikut meramaikan acra tersebut.

Acara berlangsung seru dan berbobot seperti yang diharapkan. Bunda Pipit dengan semangatnya meneror seluruh peserta yang hadir untuk menulis kisah mereka. "Tulisan terbaik akan diberi hadiah" imingnya. Hasilnya ada 10 orang peserta yang memang tulisanya bagus. Mereka mendapatkan kesempatan untuk mengexplore lagi kemampuan menulis mereka dan akan dituangkan dalam sebuah buku.

Awalnya peserta kira itu hanya wacana, ternyata benar project buku ini disetujui oleh ketua panitia dan sponsor. Jadilah kami 10 orang peserta ditambah penulis penulis senior membuat forum bertajuk "Para Pendekar Literasi Kuala Lumpur" dari sini kita mulai diskusi mulai dari kepenulisan buku, susunan buku, cover, percetakan dan semuanya deh. Sampai akhirnya buku ini jadi 100%.

Seronoknya Negri Jiran adalah buku karya mba Dewie Dean dan kawan kawan. Isi dari buku tersebut adalah kisah kisah TKI Malaysia dengan berbagai topik. Cinta, Perjuangan, Kehidupan Sosial dan bahkan Kisah Tragis juga ada. Buku ini bertujuan untuk mengajak pembaca mengetahui bagaimana kehidupan TKI di Malaysia. Dari situ pembaca bisa tau bagaimana TKI menjalani keseharianya.

Babu Backpacker hasil karya Desi Lastati dan kawan kawan ini lebih berthemakan travelling. Pasalnya beberapa bulan yang lalu Desi yang berprofesi sebagai asisten rumah tangga bisa menjelajah tiga negara yaitu Thailand, Vietnam dan Kamboja.

Penulis pendukung buku ini juga banyak ada Resti Utami, Setiawan, Nasrikah, Khoiril Anwar, Agus Purwanto, Miya Riswanto, Mahfudz Tejani, Emawati, Tyas Maulita, Afif Arohman, Risa Alkharimzi, Marina, Marini dan masih banyak lagi. Semoga dengan adanya project ini menjadi jalan untuk lebih rajin menulis dan berkarya.
11046523_1588994131387061_3197769944752099519_n
Buku Seronok Negri Jiran & Babu Backpaker


Launching buku dan Publikasi telah dilakukan di Jakarta tepatnya di Rumah Dunia Serang. Perlu diketahui Rumah Dunia adalah taman bacaan yang dibangun oleh penulis senior Gol A Gong. Alhamdulillah feed back dari pembaca memuaskan. Launchinng yang kedua diadakan di Taman Ismail Marzuki jakarta  pada 7 Maret 2015. Berbeda dengan acara pertama yang dihadiri bunda pipit dan penulis senior. Kali ini penulis kedua buku tersebut terbang dari Kuala lumpur - Jakarta untuk memeriahkan. Acara tersebut juga dihadiri pihak sponsor yaitu Kartu AS Malaysia dan Mandiri Sejahtera Cargo.
11041814_1077508695608361_1512518445729800661_n
Launching buku di Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Event peluncuran buku yang akan datang direncanakan bertempat di Aula Kedutaan Besar Republik Indonesia Kuala Lumpur. Dengan mengundang pembesar di KBRI, perwakilan dari Perssatuan Pelajar Indonesia (PPI) serta seluruh komunitas yang ada di Malaysia. Hal ini dilakukan untuk mengajak dan menginspirasi mereka agar tidak takut untuk menulis. Selain itu akan diadakan road show untuk promo buku ini yaitu di Johor dan Pinang.

Oke. Penasaran dengan buku garapan Buruh Migran Indonesia...?. Nantikan kehadiran kami di Kuala Lumpur Johor dan Penang :). Salam semangat !!!
11024652_10204808585592264_3730510990326187737_n
Desi Lastatie & Dewie Dean, Penulis.

You Might Also Like

0 komentar

Communities

Blogger Perempuan